Friday, April 27, 2012

gejala gejala diabetes atau penyakit gula

Diabetes mellitus (kencing manis) atau penyakit gula yaitu keadaan tubuh yang tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah hingga glukosa atau gula yang seharusnya menuju ke sel tubuh untuk diolah sebagai sumber energi justru tercecer di aliran darah dan ikut terbuang didalam air seni, Pengaturan gula darah dalam tubuh dilakukan oleh hormon insulin yang berasal dari pankreas.

gejala gejala diabetes atau penyakit gula

Diabetes ada dua jenis:

Tipe 1
Diabetes karena tubuh tidak memproduksi insulin sehingga penderita harus disuntik insulin setiap hari untuk mengendalikan kadar gula darah.Diabetes tipe 1 terjadi pada anak-anak dan remaja dan perkembangannya berlangsung cepat.

Tipe 2
pada tipe ini pankreas memproduksi insulin tetapi sel tubuh tidak dapat merespon secara normal. diabetes tipe ini biasanya berkaitan dengan kegemukan juga beberapa kasus kehamilan dan baru terjangkit di usia di atas 40 tahun.

Kadar gula darah yang terlalu tinggi mengakibatkan kerusakan pembuluh darah serta saraf akan berakibatkan terganggu fungsi mata, ginjal,saraf dan dapat berisiko erangan jantung, stroke maupun impotensi.

gejala gejala diabetes atau penyakit gula

Gejala diabetes
Pada diabetes tipe 2,
kontrol gula darah bisa melalui perubahan gaya hidup serta pola makan,perubahan gaya hidup terbukti efektif menekan risiko terkena diabetes. diabetes sudah ada dalam diri Anda,Sekitar 8.6% penduduk Indonesia menurut data WHO adalah mengidap diabetes, tetapi kebanyakan tidak menyadari sampai kasusnya menjadi kronis.

Disebut diabetes apabila kadar gula darah di atas 126 mg/dl (puasa) atau 200 mg/dl (tidak puasa),akan tetapi kebanyakan gejala diabetes bisa terlihat bila gula darah sudah di atas 270 mg/dl,Jangan mengandalkan gejala dalam mengetahui diabetes,cara akurat mengetahui dengan tes darah dan urin.

Gejala diabetes yang umum :

Dehidrasi
Rasa haus terus-menerus
Peningkatan frekuensi kencing
Kelelahan
Penurunan berat badan
Gangguan penglihatan
Penyembuhan luka yang lama

Didalam mengukur konsentrasi gula darah dilakukan dengan dua metode berdasarkan berat (mg/dl) dan jumlah molekul (mol/ml). Konversi dari mg/dl ke mol/ml adalah membagi 18. Misalnya, 200 mg/dl sama dengan 11.1 mol/ml.

apa itu sashimi sashimi what is sashimi?

No comments:

Post a Comment