Friday, April 27, 2012

ikan guppy

Ikan guppy (guppy fish) yang nama latinnya Poecilia reticulata merupakan spesies ikan ikan hias air tawar populer di dunia yang sangat berbeda dengan ikan lele,ikan mas koki,jika dilihat dari ukuran tubuhnya,karena mudahnya menyesuaikan diri dan berkembangbiak,ikan guppy ini menjadi ikan liar yang hidup di parit dan selokan,ikan guppy adalah ikan yang berukuran kecil,Jantan,betina yang dewasa mudah dibedakan dari ukuran,bentuk badan dan warnanya.

ikan guppy

Panjang tubuh ikan hias guppy betina 4–6 cm, jantan lebih kecil 2.5 – 3.5cm. Ikan guppy jantan mempunyai warna cemerlang dan bervariasi, terutama pada ikan hibrida, Ikan guppy liar cenderung warnanya lebih sederhana, meskipun pada jantan tetap memiliki warna yang bervariasi berwarna-warni dengan dua bintik hitam seperti mata pada sisi badan di bawah sirip punggung dan di atas sirip dubur.

ikan guppy

Ikan guppy liar betina tubuhnya tambun warna kuning kecoklatan serta susunan sisik membentuk pola jala juga perut gendut warna putih, Masa kehamilan ikan guppy berkisar 21–30 hari tergantung suhu airnya, Suhu air yang paling cocok sekitar 27 °C (72 °F), Seekor induk ikan guppy betina bisa melahirkan 2–100 ekor ditiap melahirkan,tapi kebanyakan 5–30 ekor saja, Beberapa jam setelah melahirkan,induk ikan guppy siap untuk dibuahi lagi.

ikan guppy

Anak-anak ikan guppy hias mampu hidup sendiri setelah keluar dari perut induknya, Berenang, cari makanan serta menghindar dari musuh-musuhnya,ikan guppy termasuk ikan kanibal dia memakan ikan guppy yang lebih kecil, ikan guppy betina mempunyai kemampuan menyimpan sperma jantan,hingga ikan guppy betina dapat hamil berulang kali hanya dengan 1 kali kawin.

ikan guppy

Ikan Guppy masuk ke Indonesia sebagai ikan akuarium tahun 1920an, ikan ini semula diharapkan dapat membasmi larva nyamuk di alam untuk mengendalikan penyakit malaria, akan tetapi tidak berhasil.karena ikan guppy cepat berkembangbiak dan merambah aneka perairan bebas, pada tahun 1929 tercatat ikan ini ditemukan hampir disemua kolam dan parit di Jawa Barat, Sekarang ikan guppy ini telah meluas ke pelbagai tempat di Nusantara dan mungkin telah menjadi ikan yang paling melimpah di Jawa dan Bali.

ikan guppy

Ikan kecil ini ditemukan Robert John Lechmere Guppy di Trinidad 1866, Albert C. L. G. Gunther belakangan pada tahun itu juga, menamai ikan ini dengan sebutan Girardinus guppii untuk menghormati si penemu, tetapi ternyata nama ikan ini telah terlebih dulu ditemukan oleh Wilhelm Peters pada 1859 dan bernama sah Poecilia reticulata, sehingga nama Girardinus guppii hanya mendapatkan status sebagai sinonim. walau demikian nama guppy bagi ikan ini telah terlanjur tenar dan digunakan di mana-mana.


anita hara siapa dia,.? baca selengkapnya

No comments:

Post a Comment