Monday, February 14, 2011

Pencerahan "The Powerful Points of Guru" di Dabosingkep

PGRI Kecamatan Singkep dan Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau pada Minggu malam (13/02/2011) bertempat di Gedung Nasional Dabosingkep mengadakan acara pencerahan bagi guru-guru yang bertajuk “The Powerful Points of Guru” bersama Prof. Dr. Firdaus L.N., M.Si sebagai motivator dalam acara tersebut.

Turut hadir dalam acara pencerahan bagi guru-guru tersebut Wakil Bupati Lingga Drs. Abu Hasyim, MM, Kepala Disdikpora Kabupaten Lingga Drs. Junaidi, Pengawas TK/SD/SMP/SMA Kabupaten Lingga, Dewan Pendidikan serta Kepala Sekolah dan Guru-guru yang ada di dua kecamatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Firdaus banyak sekali mengulas dan menguraikan tentang keprofesionalisme seorang guru serta bagaimana menjadi guru yang profesional karna guru yang profesional dan memiliki kemampuan serta kesempurnaan (powerful) dalam kapasitasnya sebagai pengajar dianggap sebagai kunci keberhasilan pendidikan dan di pundak guru yang memiliki powerful inilah segala tumpuan dan harapan masyarakat, bangsa dan Negara.

Prof. Firdaus mengibaratkan “Guru yang hebat adalah artis yang hebat. Tapi medianya bukan lah kanvas, melainkan jiwa manusia. Peserta didik bukan lah angka, melainkan makna”.

Spirit profesionalisme guru merupakan determinan berkembang atau tidaknya diri guru dan semua atribut yang melekat pada profesinya. Apakah guru yang telah lulus sertifikasi, plus memperoleh sertifikat pendidik betul-betul profesional secara empirik di lapangan?. Tidak mudah memang menjawabnya. Peserta didik dan masyarakat penerima layananlah yang tau persis berdasarkan apa yang mereka rasakan atas pelayanan yang mereka terima. Itulah ujian sesungguhnya terhadap keprofesionalan guru di sekolah kehidupan.

Prof. Dr. Firdaus L.N., MSi yang merupakan Guru Besar FKIP Unri, lahir, tumbuh, dan besar di pulau Singkep Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan peluncuran buku yang berjudul ”The Powerful Points of Guru” yang ditulis oleh beliau sendiri. Buku tersebut mengupas anasir profesionalisme guru dan menginspirasi bagaimana merajut profesionalisme guru untuk meraih kecemerlangan menjadi guru yang madani.

Melalui buku ini beliau mengharapkan bisa melejitkan sinergi dalam mewujudkan Visi Pendidikan Nasional RI 2014, yaitu “Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan Nasional untuk Membentuk Insan Indonesia Cerdas Komprehensip”.

Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan semoga dapat menginspirasi rekan-rekan guru yang ada di kabupaten Lingga, terkhususnya bagi saya sendiri bagaimana menjadi seorang guru yang profesional, memiliki kemampuan dan kesempurnaan (powerful) dalam kapasitas sebagai pengajar demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Lingga dan Indonesia pada umumnya.

No comments:

Post a Comment