Sunday, March 25, 2012

serangga tomcat


Semut Semai/serangga Tomcat dengan nama ilmiah : Paederus littoralis, atau disebutan lain Kumbang Rove(Rove Beetle) merupakan hewan beruas (Arthropoda) dan masuk ke dalam keluarga besar Kumbang (Staphylinidae).

tomcat

Terdapat beberapa variasi besar pada spesies ini,berukuran 1 hingga 35 mm (1,5 inci),sebagian besar pada kisaran 2-8 mm,bentuk umum memanjang ada beberapa serangga tomcat yang berbentuk bulat seperti telur. beradan kuning gelap pada bagian atas, bawah abdomen (perut)serta kepala warna gelap.

Kumbang ini terlihat merangkak dengan menyembunyikan sayap dan sekilas menyerupai semut. bila merasa terganggu/terancam,kumbang ini menaikkan bagian perut agar terlihat seperti kalajengking untuk nakuti musuhnya.

Tomcat tidak mengigit atau menyengat,serangga tomcat ini akan mengeluarkan cairan apabila bersentuhan seperti bersentuhan kulit manusia secara langsung.celakanya serangga tomcat juga mengeluarkan cairan racun pada benda seperti baju, handuk, atau benda lainnya.

tomcat

Pada jenis serangga tertentu, terdapat cairan yang diduga 12 kali lebih kuat dari racun ular kobra. Cairan hemolimf atau toksin ini disebut sebagai 'aederin' (C24H43O9N). bila terkena dermatitis, agar segera bersihkan seprei, sapu tangan, handuk, pakaian maupun benda yang disinyalir kena racun tomcat.

Jika Tomcat hinggap di tangan, jangan dipencet atau pun dibunuh seperti halnya mematikan nyamuk atau serangga kecil lain. baiknya Tomcat ditiup hingga pergi atau diambil dengan menggunakan bantuan alat,dibuang pada tempat yang aman.

Setelah itu cuci tangan dengan sabun berkali-kali untuk memastikan keamanan kulit. semprot serangga tomcat dengan racun serangga atau sebaiknya singkirkan tanpa harus menyentuh secara langsung.

tomcat

Tutup rapat jendela dan matikan lampu,Tomcat menyukai tempat yang terang. jendela diberi kasa nyamuk mencegah Tomcat bisa masuk.waspada jika anak kecil suka bermain dekat tanaman dan bila tanaman dalam kondisi tidak terawat lebih baik di musnahkan karena bisa berpotensi jadi sarang Tomcat.
tomcat

Jika kena racun Serangga Tomcat segera mencuci bagian kulit yang terkena dengan sabun, jangan diberi odol, minyak kayu putih, balsem, minyak tawon atau bedak tabur karena bisa memperparah keadaan.

tomcat

Kulit yang terkena racun serangga Tomcat akan merah meradang seperti herpes tetapi tidak sama,pengobatan menggunakan salep dan antibiotik. Biasanya hydrocortisone 1% atau salep betametasone dan antibiotik neomycin sulfat 3 x sehari atau salep Acyclovir 5%.Peradangan juga dapat diredakan dengan mengkompres kulit yang terkena racun dengan air dingin.

sebenarnya serangga ini adalah sahabat para petani karena merupakan predator alami bagi wereng yang bagi petani adalah musuh utamanya.tetapi jika penyebarannya terlampai cepat dan banyak serangga tomcat ini berbalik menjadi musuh manusia


artikel menarik tentang Cara Perawatan Burung Kacer

No comments:

Post a Comment