Thursday, March 29, 2012

Sturgeon


Sturgeon nama umum dari 26 spesies pada famili Acipenseridae, termasuk genus Acipenser,Huso,Scaphirhynchus juga Pseudoscaphirhynchus. Sturgeon masuk kedalam famili ikan bertulang tertua yang masih bisa beratahan hidup, Sturgeon merupakan hewan asli danau,sungai,pantai di subtropis, yang beriklim sedang.

giant sturgeon

Sturgeon mempunyai badan panjang serta sisik yang sedikit,ukuran lumayan besar. 2 - 3,5 meter panjangnya,beberapa spesies ditemui hingga 5,5 meter, umum sturgeon adalah anadromous, bertelur diarus sekitar delta sungai juga estuari,sedangkan spesies yang hidup di air tawar, jarang sekali mendatangi lautan terbuka juga sekitar area pantai.

ocean sturgeon

Untuk spesies tertentu sturgeon dipanen hanya telurnya yang akan digunakan membuat kaviar, makanan mewah berharga mahal,Sturgeon sangat lambat berkembang biak dan menjadi dewasa, Sturgeon juga rentan terhadap eksploitasi serta ancaman yang ada di alam, termasuk polusi serta fragmentasi habitat.

sturgeon face

Seperti speceies Chondrostei lainnya, sturgeon mempunyai kartilago,serta sedikit sekali yang berciri vertebrata,sturgeon diselimuti oleh lapisan bertulang disebut scute, bukan merupakan sisik,juga terdapat empat helai kumis yang terdapat di mulut, Sturgeon hidup pada area bentik, mengaduk dasar perairan dengan mulutnya, dan menggunakan kumisnya untuk mendeteksi keberadaan kerang, crustacea, dan ikan kecil yang merupakan mangsa mereka.

sturgeon fish

Sturgeon tidak mempunyai gigi, Sturgeon tidak dapat mengunyah mangsanya,tetapi spesies besar ini dapat menelan mangsanya yang berukuransangat besar, bahkan mampu menelan tubuh salmon serta bayi anjing laut, Sturgeon adalah beluga (Huso huso) di Laut Kaspia,dikabarkan bisa besar mencapai 5,5 meter dengan massa 2000 kg, sedangkan kaluga (Huso dauricus) dari sungai Amur mempunyai panjang yang sama dengan massa 1000 kg.

world record sturgeon

big sturgeons
big sturgeons

Sturgeon diduga adalah ikan yang berusia tertua, ada beberapa bisa mencapai umur kematangan seksual pada usia 20 tahun serta dapat hidup hingga umur 100 tahun.


Ingin yatu apa itu ogoh ogoh baca artikel tersebut

No comments:

Post a Comment