Thursday, March 29, 2012

ogoh ogoh

Ogoh-ogoh adalah hasil seni patung yang ada pada kebudayaan Bali yang mendeskripsikan tentang kepribadian Bhuta Kala.Pada ajaran Hindu Dharma, Bhuta Kala melambangkan kekuatan (Bhu) alam semesta serta kala (waktu) berarti tak terukur serta tak terbantahkan.

nyepi ogoh ogoh

perwujudan patung Bhuta Kala di representasikan sosok besar menakutkan berwujud Raksasa. Selain Raksasa, Ogoh-ogoh dapat direpresentasika wujud makhluk yang hidup di alam Mayapada, Surga dan Neraka, seperti: garuda, Widyadari,dewa,naga, gajah.

ogoh ogoh festival

pada perkembangannya, ada juga yang memrepresentasikan menyerupai orang terkenal, seperti para pemimpin dunia, artis atau tokoh agama atau penjahat.Ogoh-ogoh yang representasi Bhuta Kala, biasanya dibuat menjelang Hari Nyepi diarak bersama mengelilingi desa saat senja hari Pangrupukan atau 1hari sebelum Hari Nyepi.

ogoh ogoh monster

ogoh ogoh photo

Menurut cendekiawan juga praktisi Hindu Dharma, prosesi ini melambangkan insyafannya manusia akan kekuatan alam semesta serta waktu yang maha dashyat. Kekuatan itu meliputi kekuatan Bhuana Agung (alam raya) serta Bhuana Alit (diri manusia).

ogoh ogoh statue

ogog ogoh

Dalam pandangan Tattwa (filsafat), kekuatan ini bisa mengantarkan makhluk hidup, manusia dan seluruh dunia menuju jalan kebahagiaan atau jalan kehancuran. tergantung niat luhur manusia, sebagai makhluk Tuhan paling mulia dalam menjaga dirinya sendiri juga seisi dunia.

Nenekku Pahlawanku lirik jenaka dari wali band silahkan di baca

No comments:

Post a Comment