Saturday, March 24, 2012

Cara Perawatan Burung Kacer


Burung kacer merupakan jenis burung yang dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan di sekelilingnya,burung kacer termasuk jenis burung aktif serta memiliki temperental tinggi.

Burung kacer

Bila burung kacer melihat sosok burung lain,langsung muncul gairahnya untuk bertarung.sisi lain dari burung kacer adalah gampang akrab dengan si pemeliharanya. mungkin karena sebab ini serta suaranya yang bagus,maka burung kacer banyak di pelihara sebagai hewan kesayangan maupun untuk keperluan kontes

Burung kacer

Cara Memilih burung kacer gampang-gampang susah, burung kacer jantan pandai dalam berkicau, pilih yang berbulunya hitam dan tampak licin serta mengkilap dengan paruh yang panjang, besar,tebal juga lebar. Burung kacer yang baik memiliki bentuk kepala membentuk kotak dengan mata bulat serta suka melotot.pada bagian sayap selalu membuat kepitan yang menandakan burung kacer tersebut sedang dalam kondisi yang sehat satu hal lagi siap untuk bertarungan.

Burung kacer

Dalan soal memberi makanan,pilih makanan yang di dalamnya terkandungan banyak protein antara 12 sampai 18 persen,sebagai makanan tambahan diberi kroto atau jangkrik ataupun ulat hongkong,cacing pun bisa dijadikan makanan tambahan untuk burung kacer. Agar burung kacer tetap terjaga kesehatannya,setiap pagi selalu dimandikan serta diangin-anginkan,rutin bersihkan kandangnya agar bibit penyakit tidak bersarang di kandangnya,setiap pagi juga dijemur di bawah sinar matahari pagi antara jam 8 sampai jam 10.

Kandangnya diberi kerodong. untuk latihan berkicau. perdengarkan burung kacer dari kaset atau CD berisi suara kicauan burung kacer yang bagus sampai sore hari, cepat atau lambat burng kacer akan tertarik,menirukannya secara perlahan-lahan.Menjelang sore burung kacer diangin-anginkan serta dimandikan lagi dengan disemprot air,Masukkan burung kacer ke kandang dan latihlah untuk berkicau lagi dengan cara yang sama seperti pada waktu siang tadi.

Bila terdengar sudah mulai bisa berkicau, burung kacer harus sering dimandikan. jika perlu malam hari juga. untuk yang malam jangan setiap hari seminggu sekali saja.Atur pola makannya jangan sembarangan,dan jangan terlalu banyak makan, bila burung kacer kelebihan berat badan,mengakibatkan menjadi malas bergerak dan tidak mau mengeluarkan suara kicauan lagi.

baca juga artikel lain tentang Sekilas Kopi Luwak

No comments:

Post a Comment