Tuesday, March 22, 2011

Tes Buta Warna Online

Dalam kehidupan sehari-hari yang kita lalui selama beraktifitas, tentu beribu-ribu warna yang dapat di tangkap oleh mata sebagai indera penglihat. Namun, sejauh mana ketajaman mata kita untuk dapat membedakan dan mengidentifikasi terhadap warna-warna tersebut?.

Pengenalan terhadap jenis-jenis warna sangatlah penting, karena sebagaimana kita ketahui untuk dapat masuk atau melanjutkan ke universitas/perguruan tinggi pada jurusan-jurusan tertentu, melamar suatu pekerjaan-pekerjaan tertentu, ada satu seleksi tes buta warna dan mempersyarat kita agar tidak termasuk kategori buta warna. Dan bila ingin menekuni suatu usaha tertentu yang kita lakoni sendiri, kitapun tentu harus dapat membedakan dari jenis-jenis warna tersebut.

Buta warna dapat dites dengan tes Ishihara, dimana lingkaran - lingkaran berwarna yang beberapa diantaranya dirancang agar ada tulisan tertentu yang hanya dapat dilihat atau tidak dapat dilihat oleh penderita buta warna.

Di bawah ini adalah contoh peraga atau gambar-gambar dalam tes buta warna (colorblind test). Silahkan ikuti dan uji ketajaman mata dalam menganalisa gambar berikut.

Gambar 1


Gambar 2


Gambar 3


Analisa dari gambar-gambar di atas :

Gambar 1, Dari kiri ke kanan terdapat angka :

45 – 6 – 56
5 – 25 – 29

Gambar 2, Semua orang dapat melihat gambar persegi, bintang dan lingkaran.

Gambar 3, Orang dengan buta warna hanya dapat melihat gambar lingkaran.

Disclaimer: Keberhasilan dalam menebak gambar yang disajikan di atas tidak menjamin bebas buta warna. Hal ini dikarenakan fakta terdapat banyak layar monitor yang berbeda sehingga menampilkan warna yang berbeda, dan juga hanya baru beberapa gambar saja, ada baiknya uji lagi ke dokter untuk meyakinkkan bahwa sobat tidak memiliki penyakit buta warna.

Jika tertarik, silahkan klik di sini untuk mengunduh/download Software Tes Buta Warna.

Sumber:
http://gocengblog.blogspot.com/2010/09/tes-buta-warna-online-di-sini.html
http://www.bloggerceria.com/2010/01/test-buta-warna-online-yuk.html

No comments:

Post a Comment