Friday, June 29, 2012

flu singapore

Penyebab dan Gejala Hand Foot Mouth Disease (HFMD) / flu singapore Belakangan kasus ini cukup banyak ditemukan di Indonesia.istilah Flu Singapura untuk HFMD ini kurang tepat. Istilah ter muncul karena adanya wabah HFMD tahun 2000 di Singapura, menjadikan penyakit ini lebih dikenal dengan Flu Singapura.

flu singapore

Gejala Hand Foot Mouth Disease (HFMD) diawali demam sedang selama 2-3 hari, diikuti sakit leher (faringitis), hilang nafsu makan, pilek,timbul bentol berisi cairan di mulut, lalu pecah, jadi luka atau blister di mulut seperti sariawan pada lidah, gusi, pipi dalam, yang terasa nyeri menjadi sukar menelan.

Timbul ruam yang tidak gatal pada telapak tangan dan kaki,kadang terdapat ruam di bokong. Walau nama penyakit ini tangan, kaki dan mulut, tetapi ruamnya tidaklah muncul di 3 tempat tersebut. Terkadang hanya pada mulut dan tangan saja. Umumnya ruam tersebut akan membaik dengan sendirinya dan tidak perlu perawatan di rumah sakit.

Penularan dan Penanganan Hand Foot Mouth Disease (HFMD) umumnya Hand Foot Mouth Disease (HFMD) tidak bahaya.HFMD Coxsackie A16 adalah penyakit ringan yang akan sembuh dalam 7-10 hari.Komplikasi jarang dijumpai.jarang ditemukan anak dengan infeksi virus Coxsackie menderita meningitis viral dengan gejala demam tinggi,sakit kepala,kaku kuduk,hingga memerlukan rawat inap.

flu singapore

Dari grup enterovirus didapatkan HFMD Enterovirus 71 dapat menyebabkan radang selaput otak,radang otak,atau kelumpuhan.Ensefalitis oleh karena Enterovirus 71 ini dapat berakibat fatal.

penyakit ini menular dan sering terjadi di musim panas.Penularannya melalui jalur pencernaan,saluran pernapasan berasal dari butiran ludah,ingus,air liur,tinja, cairan dari luka,dan cairan tubuh lainnya.

Penularan tidak langsung terjadi melalui barang, handuk, baju, peralatan makanan dan mainan yang terkontaminasi sekret (cairan) tubuh. Sejak mulai terinfeksi hingga mulai timbul gejala adalah 3-7 hari.Demam merupakan gejala pertama HFMD. Seorang akan menularkan penyakitnya pada minggu pertama saat dia sakit.

HFMD paling sering menyerang anak di bawah usia 10 tahun,tetapi Setiap orang, baik itu anak atau dewasa,berreisiko terinfeksi, tetapi tidak semua yang terinfeksi itu akan sakit. Bayi, anak-anak, dan remaja lebih rentan terinfeksi menderita sakit HFMD karena antibodi dan sistem imunitas tubuh mereka lebih lemah dibanding orang dewasa.

flu singapore

HFMD didiagnosis berdasarkan pemeriksaan fisik.Sedangkan diagnosis laboratorium untuk deteksi virus dilakukan dengan mengambil sampel tinja,usap atau swab rektal cairan serobrospinal,usap atau swab luka di mulut,tenggorokan,vesikel kulit,dan biopsi otak.

Tidak ada terapi spesifik untuk infeksi enterovirus. istirahat cukup serta pemberian terapi simptomatik untuk meredakan gejala demam dan nyeri di mulut. pemberian antiseptik untuk daerah mulut, analgesik-antipiretik misalnya parasetamol, cairan yang cukup, dan pengobatan suportif lainnya. Bila gejala cukup berat, barulah penderita perlu dirawat di rumah sakit.

Gejala yang cukup berat seperti demam tinggi suhu >39 °C, demam tidak turun-turun, nadi menjadi cepat, napas menjadi cepat dan sesak, malas makan, muntah, diare, berulang dengan dehidrasi, lemas dan mengantuk terus, nyeri pada leher, lengan dan kaki, atau terjadi kelumpuhan saraf kranial.

Cegahlah HFMD dengan kebersihan lingkungan dan individu. Cara mudah adalah dengan selalu mencuci tangan,khusus setelah bila berdekatan dengan penderita.

Perawatan Penderita HFMD

1. Segera ke dokter untuk memastikan apakah anak atau penderita benar terkena HFMD
2. Isolasikan penderita
3. Jaga kebersihan
4. istirahat cukup
5. asupan cairan yang cukup mencegah dehidrasi
6. nutrisi sehat dan gizi seimbang
7. Berikan obat simptomatik untuk mengurangi gejala demam dan nyeri mulut
8. penderita untuk tidak beraktivitas di luar (bersekolah atau ke kantor) selama 7-10 hari setelah ruam muncul

tren tag untuk penyakit ini adalah :  flu singapore 2011,flu singapore gejala,flu singapore symptoms,flu singapore 2012,singapore news flu,flu jab singapore,flu singapura adalah, h1n1 singapore

baca artikel lengkap Ardina Rasti

No comments:

Post a Comment