Thursday, October 7, 2010

Internet Bagi Pendidikan

Di masa sekarang ini tentunya manfaat dari internet sudah dapat dirasakan dari berbagai kalangan. Di mana internet yang merupakan salah satu media terbesar di dunia yang digunakan sebagai pendorong majunya pendidikan masa depan.

Teknologi Internet hadir dalam segala manfaat, sebagai media informasi dan komunikasi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.
 
Internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya dunia bisnis dan pendidikan di Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.
 
Manfaat-manfaat internet di atas semoga dapat segera dirasakan oleh masyarakat yang ada di pedesaan dan pedalaman.

No comments:

Post a Comment